Buku Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja)

Satu lagi, buku wajib baca bagi orang toraja.

Judul: Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja).
Penulis: Pdt Junus Bunga Lebang, seorang pendeta dan budayawan senior.
212 halaman, Penerbit Siayoka Rantepao

Masa kecil di Toraja - bagi yang beruntung pernah mengalami masa kecil di sana - pasti tidak akan lepas dari cerita-cerita rakyat toraja yang sudah diwariskan turun-temurun melalui ulelean pare. Cerita rakyat berupa dongeng dan legenda ini biasanya diceritakan orang tua kepada anak-anaknya atau dari nenek kepada cucunya sebagai pengantar tidur sekaligus sebagai didikan karena sarat dengan nilai-nilai moral. Sayangnya, kekayaan cerita-cerita rakyat ini selama ini tidak terdokumentasi secara tertulis sehingga kelestariannya hanya mengandalkan daya ingat dari masa anak-anak. Tapi itu dulu. Sekarang, cerita-cerita ini sudah dituliskan dalam bentuk buku, supaya bisa dinikmati lebih banyak lagi generasi.

Buku Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja) ini berisi 52 dongeng/legenda rakyat toraja yang selama ini hanya disampaikan melalui bentuk lisan. Ada kisah Seba sola Korong (Kera dan Burung Bangau) yang lucu tapi mendidik, sampai kisah Tulangdidi’ dan juga Landorundun yang legendaris. Setiap kisahnya tersedia dalam dua bahasa yaitu bahasa Toraja dan bahasa Indonesia. Bahkan ada 5 cerita yang diterjemahkan juga ke dalam bahasa Inggris.

Hampir semua dari 52 cerita rakyat dalam buku ini sebenarnya sudah pernah saya dengarkan sebelumnya, beberapa puluh tahun yang lalu. Namun harus diakui, sebelum membaca kembali kisah demi kisah di dalam buku ini, hampir tidak ada yang masih saya ingat kisahnya secara lengkap. Oleh karena itu saya sangat bersyukur Bpk Pdt JB Lebang telah membantu mendokumentasikan kekayaan tradisi lisan ini ke dalam buku untuk bisa dinikmati kembali dan selanjutnya diwariskan kepada generasi toraja berikutnya.

Nah, cerita mana sih dari ulelean pare ini yang berkesan banget buat kamu? cerita ya di komentar di bawah.

Comments

Jual Buku Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja)

Buat sangtorayan yang berminat memiliki buku ini, bisa pesan via email ke torajaoriginal@yahoo.com atau ke twitter @torajabanget atau SMS ke 0878 8531 8532.
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia (termasuk Papua), ke Malaysia & Singapore.

Tabe', harga bukunya berapa

Tabe', harga bukunya berapa le'? dan kalo dikirim ke jogja sipara to? Kurre