Diskusi Buku "Dari Benih Terkecil Tumbuh Menjadi Pohon"

Tahun 2013 adalah tahun penuh sukacita karena orang toraja memperingati 100 Tahun Injil Masuk Toraja. Perayaan ini, tentu tidak bisa dilepaskan dari peringatan pelayanan pekabaran injil ke Toraja oleh misionaris Antonie Aris van de Loosdrecht (1885 - 1917) dan istrinya Alida van de Loosdrecht.

Anton & Alida van de Loosdrecht hanya 3 tahun melayani di Toraja sebelum akhirnya Anton terbunuh dan Alida pindah ke Jawa lalu kembali ke Belanda. Selama 3 tahun kedua pasangan ini mengabarkan injil dan membangun sekolah-sekolah di Toraja, dan selama itu juga benih-benih Injil telah ditaburkan dengan luar biasa. Pelayanan yang singkat, namun sungguh diberkati Tuhan.

Dalam kesibukan pelayanannya, Anton & Alida rajin sekali menulis surat kepada keluarga di Belanda maupun kepada lembaga misi yang mengutus mereka. Kumpulan surat-surat inilah yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh BPS Gereja Toraja dalam buku "Dari Benih Terkecil Tumbuh Menjadi Pohon - kisah Anton & Alida van de Loosdrecht, Misionaris pertama ke Toraja".

Kini, Anton & Alida sudah kembali ke pangkuan Bapa di Surga namun tidak hanya benih-benih injil yang mereka wariskan, tetapi juga sebuah buku yang menceritakan dengan sangat detil perjuangan dan pergumulan dalam misi pekabaran Injil di Toraja. Dari buku ini juga, kita bisa menelusuri dengan sangat jelas gambaran kehidupan masyarakat toraja pada masa-masa 1914 - 1917.

Sangtorayan, sudahkah membaca buku ini? Boleh dong share pendapat/komentarnya.

Salam 100 tahun Injil Masuk Toraja.

# # # # # # #

Super Keren, ini tempat yang lagi rame banget diposting di Instagram.

Posted by Tamasya.NET on Wednesday, August 26, 2015