Event Toraja Lovely December

Event Toraja Lovely December atau kadang juga disebut Lovely Toraja adalah kegiatan tahunan yang diprogramkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Lovely December pertama kali diadakan pada tahun 2008 dan ketika itu dianggap berhasil membangkitkan kembali sektor pariwisata toraja yang sudah mengalami kemunduran bertahun-tahun.

Kegiatan Lovely December kembali digelar pada tahun 2009 dimana masing-masing kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara menjalankan program tanpa adanya kerjasama dan sinergi yang baik. Tanggal pelaksanaan acara puncak Lovely December di Makale (Tana Toraja) dan di Rantepao (Toraja Utara) jatuh pada hari yang sama sehingga pengunjung dari luar daerah terpaksa memilih menghadiri salah satu saja. Adapun Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo terpaksa membagi waktu untuk menghadiri dua kegiatan di dua kabupaten ini.

Untuk penyelenggaraan kegiatan Lovely December di masa yang akan datang, banyak hal harus menjadi pertimbangan panitia baik pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten, maupun para pelaku industri pariwisata di Toraja.

Mengingat biaya besar dan dampak yang belum dapat diukur, apakah Lovely December pantas untuk diteruskan sebagai kegiatan tahunan?

Jika dilaksanakan lagi, bagaimana sebaiknya bentuk kegiatan Lovely December?

Adakah pendapat dan masukan lain?

Comments

Publikasi event Lovely

Publikasi event Lovely December harus lebih bagus lagi, jangan sampai sudah keluar dana dan tenaga untuk buat kegiatan tapi orang tidak datang karena kurang publikasi.

Publikasikan lagi di Makassar, koran dan TV Sulsel & nasional, dan juga ke masyarakat di toraja sendiri.

desember tahun ini (2010)

desember tahun ini (2010) ada pertemuan akbar perantau toraja. mungkin bisa diatur untuk saling mendukung.

SALAM BUDAYA..Kepada seluruh

SALAM BUDAYA..Kepada seluruh Sang Torayan..tolong perhatikan seni budaya kita terutama tari pa'gellu. Kasian sekali...karena banyak yang sudah tidak memiliki identitas-nya yang JELAS..tahu menarinya saja tapi tidak tahu ttg sejarah asalnya...Saya sangat mau bekerja bersama bahu membahu untuk mengorganize/membuat seminar atau workshop tentang PENGUATAN KONSEP TARI PA'GELLU TORAYA, supaya nilai,fungsi,filosofi,koreogafi ASLI Pa'gellu Toraya yang kita cintai ini,TIDAK HILANG dengan munculnya banyak sekali Tari Pa'gellu2 yang waduh2...susah deh diungkapkan dengan kata2...jadi sedih aja 'ngeliatnya...penelitian saya tentang pa'gellu ( skripsi ) selama 3 tahun sebagai tanggungjawab moral saya sebagai orang toraja yg menekuni ilmu seni tari jadi.....So, ayo mi bangkit untuk seni budaya kita...jangan sampai di klaim daerah/ negara lain, karena tidak punya prinsip budaya yg kuat.
From : Hesti " Nona " Pala'langan/ Pemerhati, Koreografer Tari Toraja

komen sang torayang

Tabe.... keluarga sang Torayang mengucapkan selamat datang para wisatawan manca negara. dalam ivent LOvel december ini membuat mahasiswa makassar turut ikut berpartisipasi untuk pembuatan acara. ide-ide kreatif dari teman-teman sangat mendukung hal ini. bangkit budayakuuu...... KOMAS (komunitas mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin makassar)

# # # # # # #

Super Keren, ini tempat yang lagi rame banget diposting di Instagram.

Posted by Tamasya.NET on Wednesday, August 26, 2015