Perlukah pembangunan Bandara Udara yang baru di Toraja

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, dengan dukungan Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Pusat saat ini berencana membangun sebuah Bandara Udara baru di Tana Toraja untuk menggantikan Bandara Udara Pongtiku di Rantetayo.

Bandara yang ada saat ini dianggap tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan penerbangan ke Toraja ke depan.

Menurut kamu, perlukan pembangunan bandara udara yang baru untuk kemajuan Toraja?

Comments

Perlukah pembangunan Bandara Udara yang baru di Toraja

Pembangunan bandar udara yang dapat didarati pesawat berbadan lebar hendaknya menjadi prioritas pembangunan sarana-prasarana Toraja. Bandara tsb akan menjadi sangat vital dalam pengembangan industri pariwisata Toraja, mengingat budaya Toraja yang unik sesungguhnya sudah mendunia dan sangat menarik perhatian masyarakat internasional. Keluhan yang sering dilontarkan oleh mereka yang pernah ke Toraja adalah jarak Makasar dengan Toraja sangat jauh dan memerlukan waktu minimal dua hari dua malam perjalanan serta sangat melelahkan. Karena itu sangat jarang wisatawan domestik apalagi mancanegara yang melakukan perjalanan wisata berulang-ulang ke Toraja, meskipun mereka sebetulnya sangat tertarik dengan buadaya Toraja. Dengan adanya bandara di Toraja yg besar dan dapat menghubungkan dengan titik penerbangan nasional dan internasional dipastikan keluhan demikian tak akan muncul lagi. Oleh sebab itu, saya sangat mendukung rencana tersebut dan sebaiknya Pemda Toraja dan Toraja Utara segera mengambil langkah-langkah konkret untuk realisasikan, mumpung Pemerintah Propinsi dan Pusat lagi berkenan.
Salut dan selamat berusaha, semoga berhasil!
Salam hormat,
Alfred T. Palembangan,
Dubes LBBP RI untuk Venezuela, Latin America

Tidak dapat dipungkiri bahwa

Tidak dapat dipungkiri bahwa Tanah toraja hingga saat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik dan dapat meningkatkan pendapatan tidak hanya bagi pemerintah daerah tetapi juga bagi masyarakat Toraja. Disamping kekayaan budaya Toraja terdapat banyak peluang dalam bidang Agro wisata yang juga dapat dijadikan sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan masyarakat toraja.
Salah satu syarat mutlak dalam pembangunan pariwisata dan agro wisata adalah tersedianya infrastruktur transportasi yang sangat memadai. Dengan tersedianya bandara udara yang terhubung dengan semua kota di Indonesia sebagai salah satu jalur alternatif menuju Toraja dapat meningkatkan pihak wisatawan baik lokal dan mancanegara yang akan berkunjung ke Toraja dan swasta yang ingin menanamkan investasi disegala bidang di Tanah Toraja.
Oleh karena itu, saya sangat setuju mengenai rencana pembangunan bandara udara dan sebaiknya Pemda Toraja dan Toraja Utara dapat segera mengambil langkah-langkah konkret untuk merealisasikannya.
Salam
Dino Rimantho

Bandara Baru di Toraja

Setuju sekali dengan komentar Bpk Alfred & Bpk Dino di atas.
Bandara baru memang mutlak diperlukan, untuk pariwisata dan juga untuk kemajuan industri dan perekonomian Toraja ke depannya.

Mengenai pendanaan, baiknya juga ditanggung bersama dengan kabupaten-kabupaten sekitar yang juga akan diuntungkan dengan pembangunan Bandara. Dengan Kab Enrekang dan Toraja Utara misalnya.
Saat ini dari pemberitaan, biaya pembangunan bandara hanya ditanggung Pemda Tana Toraja, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Salama'
so'batte

BANDARA UDARA BARU UNTUK TORAJA...?

Barangkali perlu juga diperjelas bahwa yang Toraja butuhkan bukanlah Bandara Internasional seperti banyak yang salah kaprah karena kecenderungan membesar2kan sesuatu yang terjadi dalam masyarakat Toraja selama ini, karena yang kita butuhkan HANYALAH sebuah bandara yang lebih besar dari Bandara Rantetayo, yang bisa ditempati mendarat pesawat berbadan besar. Yah...minimal Boeing 737 lah..! Dengan rute penerbangan reguler dari beberapa Kota besar tertentu (bukan hanya seperti sekarang)dan tentu dengan kebijakan tarif tiket tertentu yang tidak merugikan maskapai penerbangan dan dapat dijangkau juga oleh masyarakat domestik(Bukan hanya manca negara). Tapi apa cukup feasible ya?

Semoga Para Petinggi2 kita juga punya pemikiran sama dan bagi Calon2 Bupati Toraja Utara Silakan dengan berani ini dikampanyekan. Kami siap memilih anda. Tapi kalo tidak ada realisasi kami akan tuntut kalo perlu kita buat "KONTRAK POLITIK" dulu ha..ha..ha..!

Syalom
MR.LR

saya pikir pembangunan

saya pikir pembangunan Bandara Udara yg bertaraf Internasional bukanlah hal yg terlalu muluk tuk diwujudkan di Tana Toraja,mengingat bahwa daerah kita ini adalah salah satu tujuan wisata yg diminati oleh wisatawan mancanegara yg datang ke Indonesia juga olh para wisatawan domestik. hanya saja pihak Pemerintah Daerah juga seharusnya lbh memperhatikan penataan objek2 wisata dan membina masyarakat yg ada disana untuk lbh kreatif lg dlm menggali potensi yg ada.(ada bnyk hal yg bisa dikembangkan selain,pa'tannun&massura'.kita bisa belajar dari daerah lain untuk hal itu).apabila ini semua bisa dibenahi maka tentu tidak akan mubazir pembangunan bandara yg berskala besar di Tana Toraja. terima kasih TUHAN YESUS memberkati kita semua

bandara tana toraja

Pak Bupati, cepat sudah bangun. Jangan lama2.

Pertanyaan bodoh

Pertanyaan bodoh dan tolol..... !!!!!!

bandara internasional toraja

Kalo lOMBOK bisa bangun bandara internasional, kenapa Toraja tidak? Toraja hrs bisa suguhkan lingkungan yg beda , bukan pantai tapi montain view, jangan terlalu ditekankan pada upacara adat saja krn banyak turis yg risih melihat cara kerbau dipotong, suguhkan seremonial yg lain! Utk tahap awal bendara cukup asal dpt didarati dg pesawat sekelas ATR dari BPP dan UPG, dan secara bertahap dikembangkan dpt didarati jet. Kita contoh malaysia yg obyeknya biasa bhiasa saja kok bisa dibanjiri turis kenapa toraja tidak, bikin kereta gantung kaya di Swiss utk panorama alam perbukitan utk lihat sawah dan rumah rumah adat daei ketinggian.

PERLU

Bandara yang lebih besar SANGAT PERLU, tapi juga harus dibarengi dengan PENERBANGANnya dong.... ada yang mau tidak penerbangan reguler untuk rute Makassar Toraja, vv. Dan jadwal penerbangannya harus diperhitungkan supaya orang-orang yang akan berwisata ke Toraja tidak usah menginap di Makssar terlebih dulu.

Yang reguler dan ada sekarang aja selalu bikin masalah. Dua kali saya akan ke Toraja dari Makassar dan tiket sudah di tangan, penerbangan dibatalkan..... Satu kali LAGI hari ini dari Toraja ke Makassar, tiket sudah dibeli, sudah tiba di airporT Rante Tayo dibatalkan juga..... Alamaaaakkkkk hanya di Toraja saja yang beginian kalee....

PESIMIS

kalau menurut saya pembangunan bandara di tana toraja kita tercinta belum selayaknya di bangun.. kenapa?? karena manfaat yang dirasakan oleh masyarakat hanya sebagian kecil saja,, kalau menurt hemat saya dana untuk pembangunan bandara itu lbh bikajsana kalau digunakan untuk mengelolah pertanian kita,, saya miris dengan kata2 teman ayah saya yang berasal dari satu daerah di sulsel juga,, mengatkan orang toraja itu tai ayam saja di beli... bayangkan apa pemasukan toraja?? sedang pengeluaranya? contoh,, pedagang2 dedak dan beras yang bersala dari daerah bugis setiap hari masuk k tana toraja dan dalam jangka waktu beberpa jam saja barang dagangan mereka itu habis,, misalkan 1 mobil truk yng berisi 6 ton beras yg jika harga beras kita patok rendah dengan harga 5000 saja maka orang luar akan membawa 30 juta per keluar dari daerah kita itu untuk 1 mobil saja faktanya setiap hari ada 4-9 mobil pengangkut beras masuk ke toraja,, padahal daerah kita memiliki daerah persawahan yang luas,,, selain itu sayur-mayur dari daerah duri enrekang sana setiap hari masuk k tana toraja. padahal di toraja banyak lahan yg kosong... sebaikya pemerintah mengelola bagaimana agar uang yang berputar di daerah toraja di nikmati oleh orang toraja sendiri,,, bukan di nikmati oleh orang luar toraja..

Setuju Bandara

Pariwisata Toraja akan maju pesat apabila ada bandara yg bisa didarati oleh pesawat setara Boing 737....kemajuan wisata di dukung oleh sarana transportasi yang memadai...Bpk Bupati segera rencanakan program ini...masyarakat mendukung mu...

tks..
by M.Parada. Banymas_jawa Tengah.

yaaaaa perlulahhhhh...hari

yaaaaa perlulahhhhh...hari gini masih naik bus...capeeeeee dehhhhh...yg ada mual muntah cape pantat...kecuali bagi org2 yg ingin menikmati pemandangan alam yaaaa bolehlah mereka naik bus...pisssss ahhhhhh

Klau pndpat sya itu prlu

Klau pndpat sya itu prlu untuk mnpermudah wisatawan untuk ketoraja trutama sya.krna sya bkan org toraja tpi sx adat toraja,krna tman2 sy bnyak org toraja bsh d kata mereka semua baik dngan sy walau kta bedah agama,sy banga sma org toraja,

# # # # # # #

Super Keren, ini tempat yang lagi rame banget diposting di Instagram.

Posted by Tamasya.NET on Wednesday, August 26, 2015