Potensi Kabupaten Toraja Utara

Kabupaten Toraja Utara sebagai sebuah kabupaten hasil pemekaran yang relatif muda sebenarnya masih menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan warganya.

Beberapa di antaranya adalah di sektor pertanian seperti kopi arabika dan kopi robusta, dimana Toraja Utara memiliki lahan yang luas dan sangat cocok untuk pengembangan komoditas ini. Selain itu, daerah Toraja Utara juga sangat cocok untuk tanaman kakao (cokelat).

Selain di sektor pertanian, Toraja Utara juga memiliki potensi di sektor pertambangan. Di daerah Talimbangan, Kecamatan Buntu Pepasan, Toraja Utara misalnya, terdapat deposit mineral yang sempat dikelola namun mengalami banyak kendala dan penolakan. Toraja Utara juga memiliki cadangan emas walaupun belum dieksploitasi.

Untuk sektor pariwisata, Toraja Utara juga tetap menjadi pesona terutama di Sulawesi Selatan. Di Toraja Utara terdapat banyak objek wisata yang selalu menyedot kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara

Potensi-potensi ini sebenarnya jika dikelola dengan baik dan serius akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kemajuan Toraja Utara dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di sana. Namun sangat disayangkan pengelolaan seringkali terbentur dengan masalah Sumber Daya Manusia (SDM), dana, dan juga dukungan dari masyarakat.

Bagaimana pendapat kamu tentang potensi kabupaten Toraja Utara dan pengelolaannya?
Adakah lagi potensi lainnya yang seharusnya lebih menjadi prioritas untuk dikelola/dikembangkan?

Comments

Pariwisata di Toraja, kalau

Pariwisata di Toraja, kalau masih ada potensi juga sudah ketinggalan jaman.

Toraja memamang menyimpan

Toraja memamang menyimpan begitu banyak potensi ttapi, kondisi objektif Toraja secara umum ada 2 yang bisa dikembangkan, yaitu: Pendidikan dan Pariwisata. Kalau saudara mengatakan mau dijadikan derah pertanian atau daerah industri, bagiku tidak memungkinkan. Karena kondisi alam dan lahan di Toraja skarang smakin menyempit sementara penduduk semakin bertambah.

tambang emas

Toraja Utara sebenarnya mempunyai tambang emas namun belum dikelola. kalau tidak salah terkait perijinan yang masih dipersoalkan. pernah juga ada rencana akan diteliti tapi pengambilan sampel yang berlebihan sehingga terjadi penolakan

klo masih ngandelin

klo masih ngandelin pariwisata susah,...soalnya infrastruktur dan penataan dan facility object wisata kita masih jauh dari kata memuaskan. untungnya semua ketutup dengan keindahan dari object wisata itu sendiri. saya kira hal ini yang menjadi persoalan dasar pariwisata toraja. kedepan pemerintah lebih memperhatikan itu semua. kalo perlu ajak semua warga untuk ngasih saran bagaimana seharusnya object wisata yang baik...kami orang toraja siap membantu.

Wisata Toraja

Salam jumpa pembaca setia.
Nama Toraja suda mendunia..........namun disayangkan penikmat keindahan alam dan budaya susah menikmati karena infra struktur tidak memadahi. Saran kepada pemerintah Toraja Utara kalau mau maju, mau menjual wisatanya maka perbaiki dulu Infrastruktur. Penikmat keindahan pasti membeli sekalipun itu mahal. Side effec adalah sektur ekonomi khususnya di bidang transportasi dan cindra mata. Hebat kan...........
Mulai sekarang Pemerintah dan masyarakat bangun dari tidur dan raih kesempatan itu. Maju terus dan Sukses Toraja-Ku...........

Pertanian, Peternakan

pariwisata boleh tetap dipelihara karena sudah menjadi daya tarik wisatawan.
tapi jangan lupa ya, pertaniannya (kopi, coklat dll), peternakannya (tedong bonga dan babi), juga dikembangkan dong. Law perlu pake pengelolaan yg profesional biar hasilnya lebih bagus.

Pembangunan Toraja Utara

Pengantar diatas sudah menggarisbawahi 3 hal utama terbenturnya pembangunan di Toraja Utara,
1. SDM
2. Dana dan
3. Dukungan Masyarakat.

Menurut saya, SDM akan berkembang dengan sendirinya apabila Toraja memiliki unsur penarik yg signifikan.. Contohnya akhir2 ini, SDM bidang kelautan (baca: ilmu pelayaran) toraja, berkembang dengan cepat padahal ditoraja ada laut.......

Dana, dana hanya ada pada swasta (dana pemerintah hanya untuk PNS), sehingga dibutuhkan partisipasi dari pihak swasta utk itu......
Masalahnya adalah, pemerintah toraja belum melihat itu sebagai solusi...

Dukungan masyarakat akan muncul dengan sendirinya apabila hasilnya sudah nyata....

Tabe' ke denni salah,

Salama'

Potensi itu Banyak

Saya setuju dengan pernyataan bapak...buktinya memang seperti yg kami lihat didaerah kami Kelurahan Mentirotiku tentang 3 hal penting spt yg bapak sebutkan. Di Kelurahan kami potensi itu banyak namun kendala seperti tdk adanya dukungan dana, membuat kepedulian/dukungan masyarakat serta mengakibatkan SDM yg sebenarnya berkualitas menjadi tidak bermanfaat.

Untung saja ada program yang namanya Program P2KP PNPM Mandiri Perkotaan yang masuk didaerah kami yang dananya lumayan besar 1 Milliar. Lewat dana itulah kami menggugah masyarakat tentang perubahan 5-10 tahun daerah kami kedepan dengan melihat potensi2 yang ada (walau program ini sebenarnya untuk penataan lingkungan permukiman). Namun dengan dasar pemikiran bahwa jika penataan itu dimulai dari pembenahan karakter daerah kita masing2, diperkirakan dapat menggugah perubahan perilaku secara global (kenyataan yg ada; masyarakat tdk tertib ttg aturan mendirikan bangunan, lingkungan yg tdk punya drainase dan jalan akses krn tdk merelakan tanahnya, kemudian tdk teraturnya pola perumahan penduduk, dll.

Lewat dana inilah kami berusaha mambangkitkan potensi parawisata daerah kami yang sebenarnya kaya, panorama-panorama, bukit2 dan rumah-rumah adat sampai liang2 peninggalan purbakala juga masih ada. Kenyataan sekarang ini banyak pencurian benda2 bersejarah tsb, obyek2 seolah dibiarkan tdk terawat, dan tidak adanya pengelolaan scr professional, dll.

Sekarang ini kami sedang membenahi/memulihkan salah satu obyek tertua di daerah kami dengan harapan suatu saat nanti (karna kami sadar hal ini tdk semudah membalikkan telapak tangan) obyek itu juga dapat mendukung program pemerintah serta harapan untuk melihat Toraja Utara tetap sebagai daerah ber-POTENSI WISATA.

Dana 1 Milliar masih tidak cukup untuk memenuhi semua pemulihan obyek wisata dalam kelurahan kami....

Atas pertimbangan itulah saya mendukung dan setuju dengan pemaparan bapak di atas.

Salam Kenal,
Perwakilan BKM Sitiroan
Kelurahan Mentirotiku
Kecamatan Rantepao
Kab. Toraja Utara

# # # # # # #

Super Keren, ini tempat yang lagi rame banget diposting di Instagram.

Posted by Tamasya.NET on Wednesday, August 26, 2015